7 Tip Sebelum Merenovasi Rumah

Rumahku Adalah Surgaku
Rumah adalah dimana kebahagiaan itu berada. Menjamu tamu. Bercanda dengan anak-anak. Dan bercumbu dengan pasangan. Setiap orang pasti menginginkan selalu berada di rumah, khususnya mereka yang harus menghabiskan waktu kerjanya di kantor yang jauh dari rumah. Rumah adalah bayangan setiap saat di kala senggang kerja.

Setiap orang pasti ingin rumahnya tampak asri, indah, nyaman, aman dan damai. Dan mereka berusaha semaksimal mungkin untuk membangun rumah seperti itu. Dan kalau sudah terlanjur berdiri, mereka berusaha untuk merenovasi agar sesuai dengan keinginan semua anggota keluarga.

Jika Anda ingin merenovasi rumah Anda, perhatikan 7 (tujuh) hal di bawah ini agar hasil akhir renovasi rumah Anda tepat seperti yang Anda inginkan.

1. Usahakan renovasi tidak berarti mengubah total struktur bangunan rumah.
Ini sangat penting untuk diperhatikan. Jika tidak, maka Anda akan menghabiskan dana besar karena renovasi akan berarti perombakan-total rumah Anda. Dan itu bisa berarti Anda membangun rumah baru.

2. Pastikan renovasi memiliki tenggat-waktu pengerjaan.
Agar renovasi selesai tepat waktu dan tidak bertele-tele, Anda harus memiliki jadual atau deadline kapan renovasi dimulai dan kapan selesai. Tanpa ini, maka renovasi akan bisa berakhir lebih lama dari yang Anda bayangkan dan ini biasanya berdampak pada pembengkakan dana.

3. Jangan sampai renovasi menghabiskan dana besar.
Ini renovasi! bukan pembangunan rumah baru. Ini prinsip lain yang perlu Anda ingat. Renovasi hanyalah memperbaiki hal-hal kecil rumah Anda sehingga pengeluaran dana Anda bisa dihemat dan tidak menghabiskan dana besar.

4. Renovasi harus mematuhi aturan hukum yang ada.
Ini seringkali dilupakan khususnya bila Anda bertempat tinggal bukan di kota-kota besar. Renovasi tidak boleh menghasilkan rumah yang sama sekali baru dengan rumah lama karena itu akan bertentangan dengan IMB (ijin mendirikan rumah). Jika dilanggar, Anda bisa dikenakan denda.

5. Buatlah draft bagaimana renovasi akan dilakukan.
Agar renovasi tidak  memakan uang lebih, bisa selesai tepat waktu dan bisa dikontrol, sebaiknya Anda memiliki draft bagaimana renovasi akan dilakukan. Tanpa draft kemungkinan besar renovasi akan berkembang ke area-area di luar rencana awal.

6. Percayakan renovasi pada ahlinya.
Agar renovasi cepat selesai dan memberikan hasil akhir seperti yang Anda inginkan, percayakan pengerjaannya pada ahlinya. Anda bisa langsung memakai tukang atau menyewa jasa renovasi rumah.

7. Terakhir, renovasi jangan sampai menghentikan aktivitas rumah-tangga Anda.
Ini sangat penting khususnya bagi Anda yang hanya memiliki satu rumah dan tidak ada rumah cadangan untuk tinggal sementara renovasi dilakukan.

Jika Anda mengikuti ketujuh tip renovasi di atas, maka renovasi akan cepat selesai, tidak menimbulkan efek samping negatif dan benar-benar sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk mendapatkan informasi baru seputar rumah Anda, silakan cek web ini.




Leave a Reply